Sampah Menggunung, Organisasi di Cikupa Lakukan Gebrakan Pembersihan

Organisasi Masyarakat Cikupa melakukan gebrak pembersihan sampah di Desa Sukanagara, Kabupaten Tangerang. Jumat, (20/05/22).
Tumpukan sampah yang menggunung di Desa Sukanagara, Cikupa, Kabupaten Tangerang. Jumat (20/05/2022) | Foto ©Dicky

Organisasi Masyarakat Cikupa melakukan gebrak pembersihan sampah di Desa Sukanagara, Kabupaten Tangerang. Jumat, (20/05/22).

Adapun Organisasi turut serta dalam gebrakan pembersihan sampah, di antaranya Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta elemen masyarakat Desa Sukanagara.

Gerakan tersebut timbul karena sampah yang menggunung di wilayah Kejaroan. Terlebih lagi, karena aduan masyarakat yang tampak resah karena bau yang menyengat, berpotensi menimbulkan penyakit, dan menyebabkan banjir.

Ketua RW, M. Bahri menyampaikan bahwa banyak warga yang mengeluh dan tidak nyaman dengan adanya sampah yang menggunung.

“Adanya gunung sampah itu menjadi keluh-kesah warga. Karena itu, perlu ada perhatian untuk kebersihan lingkungan,” kata Bahri.

Adanya aduan tersebut mendapat respon cepat dari FKKS dan LPM Sukanagara dengan melakukan koordinasi kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Akhirnya, dilakukan giat pembersihan tumpukan sampah dilakukan oleh DLH.

Dengan begitu, Bahri mengucapkan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam pembersihan sampah yang ada di wilayahnya.

“Alhamdulillah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat giat ini, sehingga berjalan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua FKKS Cikupa mengatakan akan mencari solusi agar lingkungan Cikupa terjaga kebersihannya. Selain itu, Diky berharapa agar masyarakat lebih bijak dalam mengelola sampah. Terlebih lagi tidak membuang sampah sembarangan.

“Insyaallah kami akan Segera mencari Solusi. Kami akan Menyediakan Mobil Sampah untuk fasilitas pembuangan sampah,” kata Diky.

“Setelah pembersihan ini, saya berharap warga tidak buang sampah ke tempat yang sama. Jadi, marilah kita semua peduli terhadap lingkungan dan menjaga kebersihan. Karena itu, jika lingkungan bersih maka masyarakat akan sehat,” pungkasnya.

Acara pembersihan gunung sampah itu dihadiri oleh Reni (Kepala bidang Kebersihan), Abdul Muhyi (Ketua KNPI Kecamatan Cikupa), H. Adung (Kepala Desa Sukanagara), Munajat (Ketua LPM, Sukanagara), Mustofa (Pengurus Perpustakaan Desa), Karang Taruna, Organisasi Kepemudaan GPS, LIWA 45, serta aparatur RT dan RW Desa Sukanagara. (Dicky/Kahfi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *