Pelantikan Pengurus Komisariat UMT: Angin Segar di Akhir Tahun

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat UMT melakukan pelantikan pengurus periode 1443-1444 H atau 2021-2022 M pada Kamis, 23 Desember 2021 di kantor Lembaga Pers HMI Tangerang Raya. Awalnya, pelantikan akan dilaksanakan ba'da dzuhur. Namun, agenda tersebut harus diundur karena cuaca yang buruk.
"Pelantikan Pengurus Komisariat UMT: Angin Segar di Akhir Tahun" | Ilustrasi ©hmitangerangraya/Ade Aji Maulana

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat UMT melakukan pelantikan pengurus periode 1443-1444 H atau 2021-2022 M pada Kamis, 23 Desember 2021 di kantor Lembaga Pers HMI Tangerang Raya. Awalnya, pelantikan akan dilaksanakan ba’da dzuhur. Namun, agenda tersebut harus diundur karena cuaca yang buruk.

Walaupun di periode sebelumnya Komisariat UMT dinyatakan tidak sehat karena kurang aktifnya para pengurus, program kerja yang tidak maksimal, dan molornya agenda Rapat Anggota Komisariat (RAK). Namun, optimisme para pengurus periode ini terasa seperti angin segar. Mereka yakin bisa mengembalikan ghiroh belajar para kader HMI demi perkembangan organisasi.

Pelantikan baru dimulai ba’da Ashar. Acara dihadiri beberapa kader komisariat dan formatur terpilih HMI cabang Tangerang Raya, Kanda Afdel Syafril Mubarok. Sebelum acara dimulai, Afdel menegaskan bahwa dirinya belum sah sebagai Ketua Umum HMI Cabang Tangerang Raya karena belum dilantik. Namun, dalam keadaan darurat dirinya boleh melakukan pelantikan.

Acara dimulai dengan Kanda Ashabul Kahfi sebagai pembawa acara. Kemudian dilanjut dengan tilawah Al-Qur’an yang dibacakan oleh Kanda Dimas Rivaldi, lalu para hadirin menyayikan Hymne HMI dan Mars Hijau Hitam yang dipimpin oleh Yunda Sinta Eka sebagai dirigen.

Setelah itu, sambutan dari formatur. Afdel menyampaikan dirinya berharap kepada pengurus saat ini agar bisa membawa komisariat UMT menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Saya mengetahui bagaimana perkembangan Komisariat UMT yang kurang sehat. Maka, kemungkinan ini menjadi tugas yang berat bagi pengurus selanjutnya. Namun, saya sangat berharap kepada pengurus yang akan dilantik agar dapat memberikan angin segar terhadap perkembangan Komisariat UMT menuju lebih baik,” imbuh Afdel.

Menurutnya, perjalanan pengurus komisariat ke depannya tidaklah mudah. Maka dari itu, dia akan berusaha membantu para pengurus sebisa mungkin karena itu sudah menjadi kewajibannya sebagai pemimpin organisasi.

“Saya sebagai formatur membuka ruang sebesar-besarnya untuk menjadi pendamping dalam membenahi Komisariat UMT,” lanjutnya.

Sampailah pada sesi pelantikan pengurus Komisariat UMT. Satu per satu nama pengurus disebutkan. Adapun susunan pengurus HMI Komisariat UMT di antaranya:

Ketua umum: Ahmad Iklil Asfari
Sekertaris umum: Sabrina Anggun
Bendahara umum: Nurdiahwati
Ketua Unit Pembinaan Aparatur Organisasi (PAO): Andi Aziz
Ketua Unit Perguruan Tinggi Kemahasiswaan (PTK): Rahmat Rifa’i
Ketua Unit Intelektual dan Budaya (INBUD): Salma Fajriatul Afnia

Komposisi yang lebih sedikit dibanding pengurus sebelumnya. Namun, komposisi pengurus saat ini merepresentasikan kesetaraan gender di Komisariat UMT, 50/50 antara HMI-wan dan HMI-wati. Hal ini baru pertama kali terjadi di HMI Cabang Tangerang Raya.

Selanjutnya, Iklil dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada para kader. Dia juga menyampaikan rasa bangganya terhadap teman seperjuangannya.

“Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman yang tetap hadir di tengah cuaca yang buruk ini. Saya juga bangga kepada jajaran pengurus saya yang masih bertahan hingga saat ini di Komisariat UMT. Semoga kita bisa terus bersinergi untuk membangun Komisariat ini menjadi lebih baik,” ucap Iklil.

Selain itu, Iklil menambahakan agar para pengurus saling berkoordinasi satu sama lain. Menurutnya, penting menjaga komunikasi demi terawatnya harmonisasi dalam kepengurusan.

“Belajar dari pengalaman, koordinasi adalah hal yang fundamental dalam menjalankan organisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman antar pengurus yang dapat menimbulkan keretakan. Saya juga meminta ridho dan bimbingan kepada kanda dan yunda dalam menjalankan amanah juga pembelajaran yang akan ditempuh para pengurus Komisariat UMT ini,” pungkasnya.

Diakhir acara, doa dilantunkan secara khidmat oleh Kanda Rahmat Rifa’i.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *